Minggu, 08 Mei 2016

Review Jurnal

Judul
PENGARUH BUDAYA ORGANISASI DAN BEBAN KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA DINAS KOPERASI PERINDUSTRIAN PERDAGANGAN DAN UKM (KOPERINDAG & UKM) KABUPATEN PASAMAN BARAT
Jurnal
Apresiasi Ekonomi Volume & halaman Vol.3 No.1. Hal. 19-24 Tahun  2015
Penulis
Yurasti
Reviewer
Iqbal Al Ghifari/20140720115/PAI C
Tanggal Review
14 April 2016


Tujuan Penelitian
Penelitian ini dimaksudkan untuk melihat bagaimana Budaya Organisasi dan Beban Kerja mempengaruhi kinerja pegawai.

Metode Penelitian
Kuantitatif

Jenis Penelitian
Jenis penelitian ini menggunakan metode assosiatif. Penelitian yang dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui hubungan antara 3 variabel atau lebih.

Populasi dan Sampel
Populasi adalah wilayah generalisasi yang terdiri atas objek atau subjek yang mempunyai kualitas dan karakteristik yang ditetapkan oleh peneliti untuk dipelajari dan kemudian ditarik kesimpulannya (Sugiyono, 2010:115). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pegawai Dinas Koperindag & UKM di kabupaten Pasaman Barat yang berjumlah 66 orang.

Sampel adalah bagian dari jumlah dan karakteristik yang dimiliki oleh populasi tersebut (Sugiyono, 2004). Oleh Arikunto (2006:134) dikemukakan bahwa apabila subjeknya kurang dari 100, lebih baik diambil semua sehingga penelitiannya merupakan penelitian populasi, karena subjek dalam penelitian ini kurang dari 100, maka penelitian ini tidak menggunakan sampel melainkan penelitian populasi yaitu sebanyak 66 orang.

Teknik Pengumpulan Data
Dalam penelitian ini ada 2 unsur data yaitu:
1. Data primer adalah data yang diperoleh dari sumber asli (responden).
2. Data sekunder adalah data yang diperoleh secara tidak langsung, melalui media perantara.

Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu:
1. Sumber data primer, yang diperoleh atau dikumpulkan langsung dari sumber penelitian atau lapangan yang diperoleh melalui pengamatan atau pencatatan secara cermat melalui penyebaran kuesioner yang diberikan kepada pegawai Dinas Koperindag dan UKM kabupaten Pasaman Barat. Data ini merupakan jawaban responden yang akan dianalisis secara sistematika.
2. Sumber sekunder, penelitian meliputi berbagai keterangan yang diperoleh berdasarkan literatur-literatur maupun dokumentasi yang dimiliki Dinas Koperindag dan UKM kabupaten Pasaman Barat yang dapat menunjang penelitian ini.

Analisis Data
Analisis data menggunakan metode:
1.      Uji Validitas Uji validitas dilaksanakan untuk melihat sejauh mana instrumen yang digunakan untuk betul-betul mengukur yang diukur. Uji validitas digunakan untuk memastikan apakah masing-masing pertanyaan layak masuk dalam variable yang ditentukan. Pengujian validitas dilakukan dengan menggunakan nilai correlated item total correlation. Suatu butir pertanyaan dikatakan valid apabila memiliki nilai correlated item total correlation lebih besar dari 0,30 dan sebaliknya (Maholtra,1993).
2.      Uji Reliabilitas Uji reliabilitas data dilakukan dengan menghitung Cronbach’s alpha. Menurut Sekaran (2006) suatu instrumen dikatakan reliable apabila cronbach’s alpha lebih dari 0,70.

Definisi Operasional Variabel Penelitian

Variabel Dependen dalam penelitian ini adalah Kinerja Pegawai.
Variabel Independen dalam penelitian ini adalah Budaya Organisasi dan Beban Kerja
  
Langkah-langkah Penelitian:
Langkah-langkah penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah:
1.      Merekrut  66 pegawai Dinas Koperindak & UKM kabupaten Pasaman Barat.
2.      Pegawai  diberikan kuisioner untuk diisi.
3.      Melakukan wawancara terhadap pegawai.
4.      Melakukan olah data.

Hasil Penelitian
Secara keseluruhan hasil penelitian yang diperoleh dari 66 orang ini menunjukkan bahwa ada pengaruh positif dan signifikan antara budaya organisasi dan beban kerja terhadap kinerja pegawai Dinas Koperindag & UKM kab. Pasaman Barat

Kekuatan Penelitian
Kekuatan penelitian ini adalah alat yang digunakan dalam penelitian berupa kuesioner  cukup mudah  digunakan oleh subjek  penelitian sehingga dalam  pengambilan  datanya tidak dibutuhkan waktu  yang lama seperti pada metode kualitatif.

Kelemahan Penelitian
Kelemahan penelitian ini yaitu dengan menggunakan metode kuantitatif sehingga membutuhkan waktu yang lama dalam melakukan penelitian.

Rekomendasi Hasil Penelitian

Rekomendasi untuk penelitian ini menarik untuk dilanjutkan penelitian dengan menambah variabel pada penelitian. Karena pada penelitian ini menggunakan 3 variabel dan bisa ditambah lagi. Dan juga dapat dikaitkan dengan dunia pendidikan.